Hewan Herbivora: Pengertian, Contoh, Ciri, dan Perannya

hewan-herbivora

Berdasarkan jenis makanannya, kita mengenal adanya hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. Apa itu herbivora? Berikut pembahasan tentang ciri, contoh, dan perannya terhadap ekosistem.

Ayah dan Bunda, apakah anak Anda sudah mengenal berbagai jenis hewan yang ada di sekitarnya? Mengajarkan anak tentang macam-macam hewan dapat melatih rasa empati dan kasih sayang mereka dengan makhluk ciptaan Tuhan, lho. Wawasan anak juga bertambah khususnya di bidang sains.

Selain mengenal nama-nama hewan, Ayah dan Bunda dapat mengenalkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Pada artikel ini kita akan membahas secara khusus pengertian, ciri, dan juga contoh hewan herbivora.

 

Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora berasal dari kata “herbivor” yang artinya pemakan tumbuhan. Maka, hewan herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan seperti daun, rumput, dan sayur-sayuran.

Biasanya, hewan herbivora tinggal di daerah padang rumput, hutan, dan persawahan. Sebagian besar hewan herbivora tergolong jinak, sehingga dapat dijadikan peliharaan untuk dimanfaatkan hasilnya.

Contoh hewan herbivora yang menghasilkan yaitu sapi, kambing, atau domba. Mereka diambil dagingnya, susu, atau kulit untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual kembali.

 

Ciri Hewan Herbivora

  • Makanan utamanya berupa rumput maupun tumbuh- tumbuhan seperti sayuran.

  • Berkembang biak secara vivipar atau melahirkan.
  • Termasuk kedalam mamalia atau hewan menyusui
  • Sebagian besar hewan herbivora hidup di darat
  • Sebagian besar hewan herbivora memiliki 4 kaki.
  • Termasuk hewan yang memiliki tulang belakang.
  • Memiliki banyak manfaat bagi manusia.

 

Baca juga: 10 Hewan Paling Ramah di Dunia, Cocok Dijadikan Peliharaan!

 

Contoh Hewan Herbivora

Apa saja contoh hewan herbivora yang ada di muka bumi? Yuk, kita belajar bersama!

1. Sapi

Sapi

(Sumber: Freepik)

Sapi merupakan salah satu contoh hewan herbivora. Alasan utamanya yaitu karena makanan utamanya adalah rumput yang mana tergolong sebagai tumbuhan. Sebagai hewan herbivora, sapi banyak dijadikan hewan ternak.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sapi, seperti olahan daging dan  susu yang bernutrisi bagi manusia. Tak ketinggalan, kulit sapi juga dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan seperti gendang, tas, ataupun hiasan.

 

2. Kuda

Kuda

(Sumber: Freepik)

Kuda merupakan hewan herbivora yang memakan jenis tumbuhan, mulai dari buah hingga rumput. Dahulu, kuda digunakan sebagai sarana transportasi (delman) maupun tunggangan saat berperang.

Zaman sekarang, sebagian orang menggunakan kuda sebagai sarana olahraga karena memiliki stamina dan otot yang kuat. Kuda juga dapat ditemukan di beberapa tempat rekreasi untuk dijadikan teman berkeliling.

Salah satu fakta unik tentang kuda yaitu mereka mampu tidur dalam keadaan berdiri. Hal ini biasanya terjadi pada kuda dewasa dan hanya terjadi dalam waktu yang singkat.

 

3. Kelinci

Kelinci

(Sumber: Freepik)

Kelinci merupakan hewan pemakan tumbuhan berupa wortel, dedaunan, jerami, dan rumput. Fakta menariknya, kelinci dapat mengunyah makanan sebanyak 120 kali dalam 1 menit saja, lho.

Kelinci merupakan salah satu hewan mamalia yang bisa ditemukan di hampir seluruh dunia. Kelinci kerap dijadikan hewan peliharaan karena jinak, sehingga Ayah Bunda tak perlu khawatir saat anak bermain dengan mereka.

Daya tarik kelinci terletak pada tubuh yang mungil, telinga panjang, serta bulu mereka. Namun, Ayah Bunda harus memperhatikan kebersihan kelinci dan kandangnya agar tidak menimbulkan bau di rumah.

 

4. Jerapah

Jerapah

(Sumber: Freepik)

Jerapah merupakan hewan darat tertinggi di dunia. Tingginya bisa mencapai 5-7 meter. Hal ini memudahkan jerapah untuk memakan daun-daunan di pohon yang tinggi.

Fakta menarik jerapah yaitu mereka bisa tidur dalam waktu yang singkat. Mereka hanya membutuhkan waktu 3-5 menit saja untuk tidur di siang hari dan 20 menit di malam hari. Jerapah bisa tidur dalam posisi berdiri atau berbaring dengan mata tertutup.

 

5. Gajah

Gajah

(Sumber: Freepik)

Hewan bertubuh besar dengan telinga lebar ini juga termasuk hewan herbivora. Pasalnya, gajah sangat suka memakan dedaunan dan rumput. Dalam satu hari, gajah dapat menghabiskan 270 kilogram makanan, lho.

Gajah juga memiliki satu anggota tubuh yang unik yaitu belalai. Belalai gajah memiliki otot yang sangat kuat yang dapat membantu gajah untuk makan, minum, bahkan membantu manusia yang akan naik ke punggungnya.

Baca juga: 7 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah, Ajarkan Anak Tanggung Jawab Sejak Dini

 

Keuntungan Hewan Herbivora

Hewan pemakan tumbuhan mempunyai beberapa keuntungan, yaitu:

1. Sumber Makanan Berlimpah

Hewan herbivora dapat dengan mudah menemukan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Tumbuhan tersedia secara alami di hampir semua penjuru bumi. Mereka jarang kelaparan dan tak harus berburu.

2. Bebas dari Kompetisi

Karena tumbuhan tersedia dengan cukup banyak, hewan herbivora tidak harus bersaing dengan hewan lain untuk mendapatkan makanan. Mereka terhindar dari kompetisi yang bisa menyebabkan luka atau kematian.

 

Kerugian Hewan Herbivora

Selain keuntungan, hewan herbivora juga memiliki kerugian, yaitu:

1. Rentan Terhadap Predator

Hewan herbivora tidak memiliki kemampuan untuk menyerang musuh. Hewan herbivora tidak mempunyai anggota tubuh yang bisa digunakan untuk membela diri, seperti kuku atau taring. Sehingga, mereka kerap dijadikan mangsa empuk predator.

2. Sulit Mencari Makan saat Tumbuhan Langka

Memasuki musim kemarau, persediaan tumbuhan bisa saja berkurang. Hewan herbivora kekurangan mineral yang bisa berdampak pada penurunan berat badan dan perilaku. Bahkan, pada tahun 2015, seekor sapi di Kenya memakan domba karena kekurangan nutrisi, lho.

 

Peran Hewan Herbivora dalam Kehidupan

Ayah dan Bunda, tahukah Anda bahwa hewan herbivora memiliki peranan penting pada lingkungan sekitar? Berikut 3 peran penting binatang herbivora:

1. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Hewan herbivora memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dengan memakan tumbuhan dan membantu mencegah pertumbuhan tumbuhan yang terlalu pesat.

2. Mangsa bagi Predator

Hewan herbivora sering menjadi mangsa bagi predator seperti singa, harimau, atau ular. Ini membantu menjaga keseimbangan populasi predator dan memastikan bahwa mereka memiliki sumber makan yang cukup.

3. Berperan dalam Penyerbukan dan Penyebaran Biji Tumbuhan

Saat hewan herbivora memakan tumbuhan, mereka mengonsumsi dan menyebarkan biji tumbuhan, membantu menjamin pertumbuhan tumbuhan baru dan memastikan keberlangsungan ekosistem.

Sekian pembahasan tentang hewan herbivora yang bisa Ayah dan Bunda ajarkan pada anak. Yuk, bantu anak untuk tumbuh lebih cerdas, kreatif, dan berkarakter lewat homeschooling Alta School. Tersedia untuk jenjang PAUD, SD, serta kelas Bilingual.

Coba kelas gratisnya dengan klik gambar di bawah ini, ya!

CTA Blog Alta School

Referensi:

Hewan Herbivora [Daring]. Tautan: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/Heterotrof-%20BPSMG/materi1.html

Fenomena Sapi Memakan Domba [Daring]. Tautan: https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/04/150424_majalahlain_sapi_domba

Sumber Gambar:

Hewan Herbivora [Daring]. Tautan: https://www.freepik.com

(Diakses November 2022)

MT Alta School